Laboratorium Dasar Teknik Elektro

Kotak Teks

A. PENDAHULUAN

Laboratorium merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mempraktikan teori ke dalam suatu alat atau perangkat software. Kegiatan Laboratorium di bidang Teknik akan sangat mempengaruhi pemahaman mahasiswa terkait ilmu yang didapat di kelas dan menerapkannya di dalam Laboratorium. Dengan adanya kegiatan praktikum maka mahasiswa dapat memahami materi dan menarik analisis dan kesimpulan bagaimana keterkaitan antara teori dan praktik secara langsung. Dengan adanya praktikum di laboratorium akan menambah keterampilan mahasiswa seperti keterampilan kognitif, keterampilan afektif dan keterampilan psikomotorik. Pada keterampilan kognitif mahasiswa dapat melatih diri agar teori dapat dimengerti, teori yang berlainan dapat diintegrasikan serta dapat menerapkan teori pada keadaan nyata. Keterampilan afektif bertujuan agar mahasiswa dapat belajar merencanakan kegiatan secara mandiri, kerjasama, menghargai dan mengkomunikasikan informasi mengenai bidangnya. Keterampilan psikomotorik bertujuan untuk menyiapkan alat-alat, memasang serta memakai instrumen tertentu.

IT - PLN merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang berada di Jakarta Barat dengan visi menjadi Perguruan Tinggi yang berkelas internasional, modern, mandiri, dan unggul di bidang energi dan teknologi yang berwawasan lingkungan. Untuk mewujudkan visi tersebut, IT – PLN didukung oleh laboratorium – laboratorium sebagai penunjangnya. Salah satu laboratorium yang dimiliki oleh IT – PLN adalah Laboratorium Dasar Teknik Elektro yang berada di bawah naungan Fakultas Ketenagalistrikan & Energi Terbarukan. Laboratoriumm Dasar Teknik Elektro merupakan laboratorium fundamental karena materi yang diajarkan merupakan materi konsep dasar ilmu dibidang teknik terutama Teknik Elektro. Adapun materi – materi praktikum yang dipelajari di Laboratorium Dasar Teknik Elektro terdiri dari :

1. Praktikum Rangkaian Listrik (S1 Teknik Elektro & D3 Teknologi Listrik)

2. Praktikum Elektronika(S1 Teknik Elektro & D3 Teknologi Listrik)

3. Praktikum Pengukuran Besaran Listrik (S1 Teknik Elektro)

4. Praktikum Instrumentasi & Pengukuran (D3 Teknologi Listrik)

Laboratorium merupakan wadah bagi mahasiswa maupun dosen untuk mengembangkan riset penelian ataupun konsep pengabdian masyarakat bagi dosen atau skripsi/tugas akhir bagi mahasiswa. Untuk menunjang hal tersebut Laboratorium Dasar Teknik Elektro didukung oleh peralatan – peralatan seperti :

1. Osiloscope

2. Power Supply

3. Function Generator

4. Berbagai variasi besaran komponen listrik seperti resistor, inductor dan capasitor

5. Toolkit

6. Multitester analog

7. Multitester digital

8. Clamp meter

9. Meja Tera

10. Kelvin Double Bridge

11. Elektroda batang

12. Digital Earth Resistance Tester

 

B. Struktur Organisasi Laboratorium

Dalam melaksanakan kegiatan praktikum ini kepala laboratorium dibantu oleh beberapa dosen praktikum dan asisten seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Gambar1. Struktur Organisasi Laboratorium Dasar Teknik Elektro

Penjabaran Tugas :

1. Kepala Laboratorium

Tugas kepala laboratorium meliputi :

  • Membantu Dekan Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan (FKET) dan dalam mengkoordinir/melakukan pelayanan akademis, pelayanan penyelesaian skripsi atau tugas akhir mahasiswa, serta mengetahui/menyetujui penelitian dosen/anggota laboratoriumnya.

  • Membuat perencanaan kebutuhan aktivitas laboratorium bersama Dosen Laboratorium, baik untuk mata kuliah praktikum, penelitian tugas akhir mahasiswa, penelitian dosen serta pengabdian pada masyarakat baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang untuk menjaga kesinambungan (sustainability) kegiatan laboratorium.

  • Menginventarisasi peralatan dan bahan/zat yang ada di laboratorium dan mengusulkan rencana kelengkapannya kepada Dekan FKET.

  • Mengoptimalkan kinerja laboratorium yang akan dilaporkan per bulan kepada Dekan FKET.

  • Membina Mahasiswa, Asisten Laboratorium dan menerima laporan kerjanya.

  • Membantu Dekan Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan (FKET) dan Ketua Program Studi S1 Teknologi Elektro dalam mengkoordinir/melakukan pelayanan akademis, pelayanan penyelesaian tugas akhir mahasiswa, serta mengetahui/menyetujui penelitian dosen/anggota laboratoriumnya.

  • Membuat perencanaan kebutuhan aktivitas laboratorium bersama Dosen Laboratorium dan Teknisi, baik untuk mata kuliah praktikum, penelitian tugas akhir mahasiswa, penelitian dosen serta pengabdian pada masyarakat baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang untuk menjaga kesinambungan (sustainability) kegiatan laboratorium.

  • Menginventarisasi peralatan dan bahan/zat yang ada di Laboratorium dan mengusulkan rencana kelengkapannya kepada Dekan FKET.

  • Mengoptimalkan kinerja Laboratorium yang akan dilaporkan per bulan kepada Dekan FKET.

  • Membina Mahasiswa dan Asisten Laboratorium serta menerima laporan kerjanya.

  • Mengetahui dan menyetujui serta melegalisasi setiap orang yang akan bekerja atau beraktivitas di dalam laboratorium berserta hasil kegiatannya.

  • Melayani permintaan masyarakat (stake holder) dengan lingkup kegiatan Laboratorium sebagai income generating laboratorium serta melaporkan hasil kegiatan tersebut kepada Dekan FKET.

  • Mengusulkan, memberikan penilaian dan memberikan pertimbangan dalam hal promosi Dosen Laboratorium kepada Dekan FKET untuk mendapatkan reward (seminar atau pelatihan atau penghargaan lainnya yang relevan dengan kegiatan akademis).

  • Bertanggung jawab terhadap segala kegiatan yang telah direncanakan dan disetujui di Laboratorium Dasar Teknik Elektro.

2. Dosen Laboratorium

Tugas dosen praktikum meliputi :

  • Membantu Kepala Laboratorium dalam melakukan pelayanan akademis di laboratorium (pelayanan praktikum mata kuliah untuk mahasiswa, penyelesaian tugas akhir mahasiswa, pelatihan, penelitian dosen serta membuat dan melakukan penelitian dalam lingkup kegiatan Laboratorium).

  • Membantu Kepala Laboratorium dalam membuat perencanaan kebutuhan aktivitas Laboratorium baik untuk mata kuliah praktikum, penelitian tugas akhir mahasiswa, penelitian dosen serta pengabdian kepada masyarakat baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang untuk menjaga kesinambungan (sustainability) kegiatan Laboratorium.

  • Bersama dengan Kepala Laboratorium melayani permintaan masyarakat (stakeholder) baik jasa maupun kerjasama penelitian dengan lingkup kegiatan laboroatorium untuk membantu meningkatkan income generating laboratorium serta melaporkan hasil kegiatan tersebut ke Kepala Laboratorium.

  • Membantu Kepala Laboratorium dalam membina dan mengarahkan kerja Asisten dan Teknisi Laboratorium yang ada di laboratorium yang bersangkutan.

  • Mengkomunikasikan hasil penelitannya dan melaporkan hasil kegiatannya ke Kepala Laboratorium.

3. Asisten Laboratorium

Tugas asisten laboratoriium meliputi :

  • Membantu Kepala Laboratorium dan Dosen Praktikum dalam proses pelaksanaan praktikum.

  • Membantu Kepala Laboratorium dan Dosen Praktikum dalam pengembangan materi praktikum.

 

C. PENGEMBANGAN LABORATORIUM

                            Kotak Teks

                                                               Bentuk

Kotak TeksKotak Teks

Gambar 2. Rencana Pengembangan Laboratorium Dasar Teknik Elektro

D. INDIKATOR PENCAPAIAN

Untuk melihat keefektifan dari rencana pengembangan laboratorium maka digunakan indikator capaian yang meliputi:

1. Meningkatnya pelayanan yang diberikan laboratorium menjadi lebih berkualitas, efektif dan efisien.

2. Meningkatnya kemampuan dan keterampilan (skill) mahasiswa di dalam bidang ketenagalistrikan.

3. Meningkatnya hasil penelitian yang dihasilkan dari skripsi / tugas akhir mahasiswa dan penelitian dosen.

4. Terlaksananya kegiatan webinar atau pelatihan

5. Adanya peningkatan peralatan praktikum dan fasilitasnya

6. Terciptanya modul praktikum baru yang sesuai dengan RPS mata kuliah teori.

 

E. DOKUMENTASI LABORATORIUM DASAR TEKNIK ELEKTRO


Gambar 3. Peralatan praktikum

Gambar 4. Suasana Praktikum

 

F. LINK PRAKTIKUM DI LABORATORIUM DASAR TEKNIK ELEKTRO

Berikut ini adalah link video mengenai gambaran proses pengambilan data praktikum di Laboratorium Dasar Teknik Elektro :

https://drive.google.com/drive/folders/1qN9c8an_h4b8jpiJRCmXreBbiIfatP6D?usp=sharing

http://itplndte.wordpress.com/

https://www.youtube.com/channel/UCr8BRh02jPSs25fqp-J0dww

 

 

26-11-2020
FKET